sejarah game online
Sejarah Game Online –
Semakin berkembangnya teknologi membuat permainan game online semakin
marak, dan tentunya ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para
gamers. Tapi tahukah Anda sejarah game online serta pasang surutnya dari
tahun ke tahun? Ini adalah hal yang perlu kita terautama bagi pecinta
game online. Nah pada artikel kali ini awalmula.com mengangkat topic
khusus bagi para pecinta game online dan bagi siapa saja pada umumnya
untuk menambah pengetahuan kita tentang sejarah awal mula game online.
Seperti
artikel-artikel awalmula.com sebelumnya, setiap artikel berdasarkan
dari berbagai sumber, bukan hanya sekedar mendengarkan cerita belaka.
Dan untuk kali ini, Sejarah Game Online awalmula.com kutip dari
redeyedevil.wordpress.com, semoga dapat mengobati rasa pengetahuan anda
tentang awal mula sejarah game online.
Masa
kejayaan game online pertama, ketika Ultima Online, EverQuest, dan
Asheron’s Call tidak memiliki saingan. Sukses pertama ketiga game inilah
yang memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk memulai
membuat game online mereka sendiri.
Mulainya persaingan Mei 2001 – April 2002
Pada masa ini perkembangan EverQuest dan Asheron’s Call menurun drastis, bahkan Ultima Online kehilangan pelanggannya. Ini disebabkan karena sejumlah game online baru memasuki pasar dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, pembatalan Electronic Arts untuk membuat Ultima Worlds Online: Origin atau Ultima Online 2 juga membuat para pemain kecewa. Electronic Arts memilih untuk berkonsentrasi pada terus mengembangkan Ultima Online dan melebarkan sayap ke pasar Asia.
Pada masa ini perkembangan EverQuest dan Asheron’s Call menurun drastis, bahkan Ultima Online kehilangan pelanggannya. Ini disebabkan karena sejumlah game online baru memasuki pasar dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, pembatalan Electronic Arts untuk membuat Ultima Worlds Online: Origin atau Ultima Online 2 juga membuat para pemain kecewa. Electronic Arts memilih untuk berkonsentrasi pada terus mengembangkan Ultima Online dan melebarkan sayap ke pasar Asia.
Sebenarnya,
saat itu Electronic Arts juga memiliki kesulitan modal untuk Ultima
Online 2. Keputusan yang kontrovesial ini membuat banyak pelanggan
Ultima Online kehilangan antisipasi pada Ultima Online2 dan mencoba
game-game lain. Sebagian pelanggan lainnya berhenti bermain Ultima
Online karena meramalkan Ultima Online tidak akan bisa bersaing dengan
game-game yang akan datang, terutama dalam perihal grafik. lalu
malapetaka berlanjut dengan direleasenya expansi Ultima Online: Third
Dawn, yang tidak sesuai dengan selera para gamer.
Selain
itu, pada masa ini Anarchy Online dan Dark Age of Camelot memulai beta
test dengan konferensi pers yang memukau dan tidak tanggung-tanggung
mengeluarkan banyak biaya untuk iklan-iklannya. Pemain senior Ultima
Online, EverQuest, dan Asheron’s Call menemukan alternatif game yang
belom pernah mereka coba. Walau beberapa gamer memiliki banyak account
dibermacam-macam game, sebagian besar gamer hanya memiliki waktu untuk
fokus pada satu game saja. Anarchy Online memiliki sedikit masalah pada
peluncurannya namun Dark Age of Camelot memasuki pangsa pasar dengan
sukses, mereka mendapatkan 200.000 konsumer pada peluncurannya.
Asheron’s
Call bertahan sebentar dengan expansi Dark Majesty namun lalu
terinjak-injak oleh kemunculan game-game non-fantasy yang baru muncul
seperti Anarchy Online, Motor City Online, dan World War II Online.
Motor City Online mencapai puncak kesuksesannya pada bulan Juni lalu
menurun sedikit demi sedikit. Anarchy Online dan World War II Online
merugi karena peluncuran yang buruk.
Mulai sepinya penggemar game online Mei 2002 – Oktober 2004
Ini adalah masa paling sulit bagi pasar game online. Walau besarnya prospek game online terus meningkat pada tahun 2002 dan 2003, persaingannya juga semakin ramai. Banyak game online yang dalam perkembangannya terpaksa menunda atau bahkan dibatalkan. Game-game lama berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka, jumlah pelanggan mereka naik turun dengan jumlah penurunan yang lebih banyak dari kenaikan hingga akhirnya habis.
Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan beberapa terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan kemunculan Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara Mei 2002 dan Mei 2003, pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004 hingga Oktober 2004 pasar menurun hingga hanya berkembang sebanyak 2%. Pada penghujung tahun 2004 pasar game online menjadi sepi.
Ini adalah masa paling sulit bagi pasar game online. Walau besarnya prospek game online terus meningkat pada tahun 2002 dan 2003, persaingannya juga semakin ramai. Banyak game online yang dalam perkembangannya terpaksa menunda atau bahkan dibatalkan. Game-game lama berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka, jumlah pelanggan mereka naik turun dengan jumlah penurunan yang lebih banyak dari kenaikan hingga akhirnya habis.
Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan beberapa terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan kemunculan Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara Mei 2002 dan Mei 2003, pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004 hingga Oktober 2004 pasar menurun hingga hanya berkembang sebanyak 2%. Pada penghujung tahun 2004 pasar game online menjadi sepi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar